Art Culture 13 May 2021 18:54

Ziarah Wali Songo: Syaikh Siti Jenar

1 tahun yang lalu
Ziarah Wali Songo: Syaikh Siti Jenar Makam Syaikh Siti Jenar dipercaya ada di beberapa daerah seperti Cirebon Jawa Barat, Jepara Jawa Tengah, dan Tuban Jawa Timur // Semua foto diambil sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Sendy A Saputra)

Disclaimer: Seri Ziarah Wali Songo yang tayang di website TRAVELTIMES.ID, Jumat (07/05/2021) - Minggu (16/05/2021), dirangkum dari buku Arsy karya Sendy A Saputra (2019). Segala bentuk penyuntingan dilakukan atas izin penulis. Selamat membaca!

Teks & Foto: Sendy A Saputra / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Bicara soal Syaikh Abdul Jalil, atau yang dikenal dengan Syaikh Siti Jenar, mungkin tak ada ujungnya. Seorang waliyullah yang penuh dengan kontroversi dan misteri, entah itu soal ajaran keilmuan hingga kematiannya. Bahkan sampai kini, makam Syaikh Siti Jenar pun belum bisa diketahui letaknya secara pasti.

Syaikh Abdul Jalil adalah putra dari Syaikh Datuk Soleh (saudara dari Syaikh Datuk Kahfi) seorang ulama asal Malaka. Beliau dikenal mempunyai pandangan-pandangan kontroversial di zamannya. Penyebar ajaran Sasahidan yang berpijak pada konsep Manunggaling Kawulo-Gusti (menyatunya hamba dengan Ilahi).

Menurut Syaikh Siti Jenar, ilmu Tasawuf yang berdiri tegak di atas fenomena pengetahuan intuitif yang bersumber dari kalbu (hati) diformulasikan sedemikian rupa menjadi ilmu filsafat dan mantiq (logika). Sehingga, ajarannya menimbulkan ketidaklaziman atas pengembangan ilmu Tasawuf berdasarkan pengetahuan intuitif -- yang kerap bersifat rahasia. Namun kerahasian itu, serta merta berubah menjadi sebuah ilmu yang terbuka lewat ajaran Syaikh Siti Jenar.

Menurut Syaikh Siti Jenar, pengetahuan makrifat yang bersifat suprarasional (untuk menempuhnya tidak memakai logika manusia) tidak dijabarkan melalui sebuah isyarat-isyarat yang bersifat mistis. Bahkan sebaliknya, dijelaskan secara rasional yang bisa diterima akal pikiran.

Menurut Almarhum KH. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur, 'kesalahan' Syaikh Siti Jenar bukan pada ilmu atau ajarannya. Melainkan caranya yang gegabah membuka tabir rahasia secara terbuka.

Lihat juga:

1. Ziarah Wali Songo: Sunan Giri

2. Ziarah Wali Songo: Sunan Kalijaga

3. Ziarah Wali Songo: Sunan Drajat

Bangunan makam Syaikh Siti Jenar di Cirebon, Jawa Barat.
Bangunan makam Syaikh Siti Jenar di Tuban, Jawa Timur.
Makam Syaikh Siti Jenar, yang dikenal dengan Syaikh Lemah Abang, di Cirebon, Jawa Barat.
Makam Syaikh Siti Jenar, yang dikenal dengan Mbah Buyut Gedhong atau Pangeran Gedhong, di Tuban, Jawa Timur.
Makam Syaikh Siti Jenar yang diapit oleh kedua santrinya, di Cirebon, Jawa Barat.
Makam Syaikh Siti Jenar yang diapit oleh ketiga santrinya, di Tuban, Jawa Timur.

 

Berita Lainnya

All article - Bottom