Travel Story 12 May 2021 20:20

Museum Sumpah Pemuda, Tempat Bersemayam Biola WR Supratman

1 tahun yang lalu
Museum Sumpah Pemuda, Tempat Bersemayam Biola WR Supratman Ilustrasi. (Foto: Dody W)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - 28 Oktober 1928, jadi momen bersejarah bagi Indonesia. Pemuda-pemudi Indonesia berikrar bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kongres ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Lihat juga:

1. Banyuwangi dan Rayuan Pantai Pulau Merah

2. Gili Air, Sisi Lain Lombok yang Romantis dan Hening

3. Desa Wisata Liang Ndara, Perpaduan Keindahan Alam dan Kebudayaan Flores

Setelah pembacaan keputusan kongres, Wage Rudolf Supratman, atau yang lebih dikenal WR Supratman menutup kongres dengan lagu berjudul Indonesia. Ia membawakan lagunya dengan menggunakan biola yang hingga kini masih tersimpan rapih di Museum Sumpah Pemuda.

Museum yang berlokasi di Jln. Kramat Raya 106, ini biola sang legenda yang dikenal juga sebagai pencipta lagu Indonesia Raya menjadi salah satu koleksi utamanya. Biola W. R. Supratman termasuk model amatus.

Pada bagian dalam terdapat tulisan “Nicolaus Amatus Fecit in Cremona 16”, petunjuk nama pembuat dan alamatnya. Pada bagian badan juga terdapat tick rest atau penahan dagu yang terpisah. Tidak hanya itu, pengunjung pun akan dibawa pada suasana momen pembacaan Sumpah Pemuda lewat diorama-diorama di dalamnya.

Diorama-diorama berbagai skala pun mengisi tiap ruangannya. Diorama tersebut menceritakan momen jelang pembacaan ikrar, seperti saat panitia kongres menyusun poin-poin ikrar hingga penutupan kongres yang ditutup dengan aksi WR Supratman dengan biolanya.

Museum Sumpah Pemuda buka setiap pukul 08:00-16:00 di Selasa-Minggu dan Jumat 08:00-16:30. Saat ini museum ini pun juga menyediakan kunjungan virtual dengan mengakses langsung ke website resminya.

Berita Lainnya

All article - Bottom