Travel Story 14 May 2021 20:39

Memanjat Julang Tebing Pantai Siung di Yogyakarta

1 tahun yang lalu
Memanjat Julang Tebing Pantai Siung di Yogyakarta Pantai Siung (Foto: Dody W)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Jauh sebelum dikenal sebagai salah satu pantai favorit wisatawan di Gunung Kidul, Jogja, Pantai Siung lebih dulu dikenal sebagai lokasi panjat tebing menantang. Pada 1989, sekolompok grup pencinta alam asal Jepang datang dan langsung menjadikan salah satu tebingnya sebagai lokasi panjat tebing.

Popularitasnya sebagai arena panjat tebing semakin terangkat lagi pada 1990-an dimana pantai ini dijadikan arena kompetisi Asian Climbing Gathering. Cikal bakal momen ini yang menjadikan Pantai Siung jadi salah satu tempat latihan panjat tebing di Jogja.

Lihat juga:

1. Nirwana di Desa Bantaragung

2. Menguak Mitos Candi Sukuh di Kaki Gunung Lawu

3. Melihat Kemegahan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Biasanya selain turis asing yang datang sengaja untuk panjat tebing, mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta menjadikan pantai ini sebagai tempat latihan. Mereka bahkan bisa sampai mendirikan tenda di sekitar tebing.

“Kami sudah 4 hari nenda di sini mas,” ujar Adi, mahasiswa pencinta alam dari Universitas Negeri Yogyakarta. Ia dan rombongannya sengaja bermalam memanfaatkan libur kuliahnya dengan memanjat 3 tebing raksasa di Pantai Siung.

Ketiga tebing raksasa tersebut memang menawarkan jalur pendakian dengan tingkat kesulitan beragam. Ada yang cocok untuk pemula hingga sampai ke tingkat yang sudah berpengalaman.

Selain untuk berlatih, karakter-karakter tebing raksasa ini juga bisa menjadi tempat belajar teknik-teknik baru panjat tebing. Keragaman kontur tebing raksasa ini telah membawa Pantai Siung menjadi primadona.

Setidaknya setiap tahun ajaran baru dan pengangkatan anggota pencinta alam universitas-universitas di Jogja, Pantai Siung adalah tempat wajib untuk mereka sambangi.

Berita Lainnya

All article - Bottom