Travel Story 17 May 2021 15:08

Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja Berarsitektur India Cina di Medan

1 tahun yang lalu
Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja Berarsitektur India Cina di Medan Graha Maria Annai Velangkanni. (Foto: Dody W - Sendy A Saputra)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, MEDAN - Bila berkunjung ke Medan, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Graha Maria Annai Velangkanni. JIka sekilas melihat bangunan ini, maka akan nampak sebuah kuil. Namun siapa sangka bahwa sebenarnya bangunan ini adalah gereja.

Graha Maria Annai Velangkanni berlokasi di Tanjung Selamat, medan Tuntungan. Dari pusat kota Medan, menuju lokasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi online yang sudah tersedia di sana.

Lihat juga:

1. Museum Basoeki Abdullah, Peninggalan Maestro Seni Rupa Indonesia

2. Tradisi Pembuatan Parang Kampung Toloa Tidore

3. Memanjat Julang Tebing Pantai Siung di Yogyakarta

Dibangun pada 2005, gereja ini dibuat khusus untuk Bunda Maria yang di India dikenal sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha, atau dalam bahasa inggris bermakna Our Lady of Good Health.

Gereja ini menarik dan unik berkat kehadiran karakter India dan Cina pada desain arsitektur bangunan.  Bangunan ini sendiri dirancang dengan gaya Indo-Mughal. Semua simbol religius ini menghiasi bangunan yang selaras dengan struktur tempat suci dan membentuk kesatuan yang indah.

Nilai estetika dan religius berbaur untuk mengungkapkan kebesaran dan misteri agung keagungan Tuhan. Interior gerejanya pun terdiri dari relief-relief dan patung yang yang mirip ada di kuil India.

Bagian dinding luarnya terdapat belasan tulisan bahasa di Sumatera Utara yang lambangkan ragam kebudayaan, suku dan bahasa tapi tetap satu dalam rangkulan Tuhan.

Gereja Maria Annai Velangkanni buka dari pukul 07:00-20:00. Seperti pesan pada dinding dan tiap detail interiornya yang mengutamakan persatuan, semua orang pun bisa masuk ke dalam tanpa melihat suku, ras dan agama.

Berita Lainnya

All article - Bottom