Lifestyle 17 May 2021 19:22

Kopi Kim Teng, Citarasa Legendaris dari Pekanbaru

1 tahun yang lalu
Kopi Kim Teng, Citarasa Legendaris dari Pekanbaru Kopi Kim Teng. (Foto: Dody W)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Di pulau Sumatera, kopi adalah teman bersantai favorit. Di kedai-kedai kopi sederhana, mereka duduk sembari bercengkerama bersama kerabat. Hal itu pula yang kerap terlihat di Kopi Kim Teng, kedai kopi legendaris di Pekanbaru.

Kim Teng yang berlokasi di Jalan Senapelan 22, Pekanbaru dekat Pasar Bawah menempati bangunan yang cukup luas. Sebelum masuk ke dalam kedai kopinya, gerobak-gerobak berjejer menyajikan beragam hidangan seperti mie ayam, dim sum hingga bubur. Semua hidangan halal dan mereka menumpang berjualan di Kim Teng.

Nama Kim Teng diambil dari pendirinya sendiri. Kini kedai kopi ini sudah dipegang oleh generasi ketiganya.

Lihat juga:

1. Kemenparekraf Siap Dukung Wisata Kampung Bali di Bekasi

2. PappaRich Restaurant, Kuliner Malaysia di Utara Jakarta

3. Travel Pattern Zona Hijau di Bali dan Tiga Gili Lombok

"Ini sudah dari tahun 1950-an. Bedanya kami pakai kopi arabica dari Kerinci, Jambi dan memanggang sendiri," jelas Kaliono, anak Kim Teng. Tangannya cukup cekatan dalam meracik kopi dibantu dengan satu karyawannya.

Layaknya menu-menu kedai kopi lainnya, menu utama di Kim Teng adalah Roti Srikaya sedangkan untuk menu kopinya paling favorit adalah Kopi O dan Kopi Susu.

Kopi O merupakan kopi hitam dengan cita rasa yang khas. Penggunaan kopi Arabica membuat rasanya begitu kuat. Cobalah dengan tidak mencampur gula demi mendapat karakteristik sebenarnya.

Sesapan pertama begitu kentara asam dan sedikit pahitnya. Sesapan selanjutnya Anda tinggal menikmatinya bersama roti srikaya.

Menu roti srikaya juga jadi teman ngopi yang serasi. Selai Srikaya buatan sendiri ini langsung lumer begitu digigit dan masuk ke mulut. Menyisakan rasa manis yang tipis semakin pas dengan renyahnya roti yang dibakar garing.

Ada satu lagi menu kopi yang wajib dicicipi, yakni menu Kopi Susu. Menu ini lebih ringan dibanding Kopi O. Kopi hitam dicampur dengan susu membuat rasanya sedikit manis dan cocok untuk yang tidak terlalu suka kopi pekat.

Suasana semakin ramai dan tangan Kaliono semakin cepat meracik kopi. Hilir mudik pelayan mengantarkan menu pesanan, pelanggan yang pergi langsung berganti pelanggan lainnya.

Rutinitas kopi di Kedai Kopi Kim Teng kian padat, maklum saja, Kim Teng hanya buka hingga jam 12 siang. Kedai kopi legendaris yang tetap eksis di tengah perkembangan zaman.

Berita Lainnya

All article - Bottom