Travel Story 22 May 2021 17:01

Suka Ria di Hutan Tematik Taman Wisata Alam Punti Kayu

1 tahun yang lalu
Suka Ria di Hutan Tematik Taman Wisata Alam Punti Kayu Taman Wisata Alam Punti Kayu. (Foto: Dody W)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Setelah membuka informasi tentang sejarah Sumatera Selatan di Museum Balaputradewa, saya melanjutkan perjalanan ke tempat teduh yang berada di pusat kota Palembang yakni Taman Wisata Alam Punti Kayu.

Menyusuri kota Palembang belum lengkap rasanya bila melewatkan Taman Wisata Alam Punti Kayu. Hutan kota yang memiliki luas sekitar 39,9 ha ini merupakan hutan wisata yang berfungsi sebagai paru-paru kota. Di 2002, fungsinya pun semakin luas jadi hutan konservasi.

Lihat juga:

1. Memanjat Julang Tebing Pantai Siung di Yogyakarta

2. Tradisi Pembuatan Parang Kampung Toloa Tidore

3. Museum Sumpah Pemuda, Tempat Bersemayam Biola WR Supratman

Taman Wisata Alam Punti Kayu memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam. Dari jenis flora, Taman Wisata Alam Punti Kayu ditumbuhi berbagai jenis tanaman, seperti Pinus (Pinus Merkussi), Akasia (Acacia Mangium), Mahoni (Switenia Swageri), Talog (Muntingia calabura), dan Pulai (Alstonia Granensis).

Sementara dari jenis fauna, Hutan Wisata Punti Kayu terdapat jenis kera ekor panjang, beruk, tupai, biawak, musang, bahkan serangga langka yang belum dinamakan secara ilmiah. Di area ini pun juga terdapat kebun binatang mini yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu atraksi yang jadi primadona di Taman Wisata Punti Kayu adalah area The World Landmark. Area ini merupakan replika landmark dunia yang dikemas menarik sehingga menjadi spot foto ikonik.

Anak muda dan remaja tidak mau ketinggalan berfoto mulai dari grup foto hingga swafoto dengan landmark dunia. Suasana yang sejuk karena dikelilingi pepohonan pinus pun membuat betah berlama-lama mengitari area ini.

Replika ikon-ikon dunia seperti Menara Eiffel, Big Ben Inggris hingga stupa Candi Borobudur jadi salah satu spot favorit. Tidak hanya itu, replika Sydney Opera hingga Pagoda juga memikat untuk dijadikan latar foto sendiri maupun bersama-sama.

Semakin lengkap dengan latar pohon pinus dan matahari yang menembus tipis di sela-sela pepohonan. Bila ingin beristirahat, di area ini juga disediakan bangku-bangku yang fotogenik.

Kombinasi ini membuat Taman Wisata Alam Punti Kayu jadi salah satu destinasi yang instagramable di Palembang.

Berita Lainnya

All article - Bottom