Travel Story 9 July 2021 19:27

Mengenal Suku Bajo di Kampung Bajo Mola

1 tahun yang lalu
Mengenal Suku Bajo di Kampung Bajo Mola Suku Bajo. (Foto: Dody W)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Di tengah pariwisata Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang kian merekah, ada sebuah kampung yang terus bertahan melewati arus zaman dengan pertahankan tradisi leluhurnya. Mereka adalah Suku Bajo, suku yang terkenal dengan kedigdayaannya di laut dan kini mendiami sebuah kawasan di pesisir pantai di Wangi Wangi, Kampung Mola Samaturu.

Di medio 1600-an, Suku Bajo yang merupakan suku pendatang singgah ke Wakatobi. Di Kabupaten yang terdiri dari 4 pulau ini, yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko ini mereka mendirikan pemukiman di atas laut.

Lihat juga:

Koleksi Free Download

Galeri Photo Story

Seri Ziarah Wali Songo & Pra Wali Songo

Mereka tidak tinggal di darat, bahkan keseharian mereka juga menggantungkan hidup dan menjalani kehidupan dari laut Sulawesi. Eksistensi mereka yang memberikan atraksi tersendiri dan rasa penasaran dalam diri.

“Suku Bajo terkenal sebagai orang laut. Mereka tidak tinggal di daratan, melainkan di atas laut,” ujar Redi, salah satu perwakilan dari Dinas Pariwisata Wakatobi yang menemani perjalanan saya selama di Wangi Wangi.

Menurut sejarah, suku Bajo merupakan suku pendatang yang datang ke Wakatobi sekitar tahun 1600-an. Bahkan, keseharian mereka juga menggantungkan hidup dan menjalani kehidupan dari laut Sulawesi.

Kampung Bajo Mola, jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila ingin melihat langsung esksitensi Suku Bajo. Kampung ini memang sengaja dijadikan tempat berwisata untuk mengenal Suku Bajo lebih dekat. Di sini wisatawan pun juga bisa berkeliling dengan menggunakan perahu yang mereka gunakan sehari-hari.

Di kampung wisata ini, terdapat berbagai bentuk rumah-rumah Suku Bajo yang dibangun di atas air laut, dengan menggunakan timbunan karang. Sebagai penghubung dengan daratan, mereka menggunakan jembatan yang terbuat dari kayu, sehingga membuat mereka tak lagi terasing dari masyarakat yang berada di daratan.

Berita Lainnya

All article - Bottom