Art Culture 13 July 2021 13:12

Pesona di Balik Taman Gandrung Terakota

11 bulan yang lalu
Pesona di Balik Taman Gandrung Terakota Taman Gandrung Terakota. (Foto: Dody W)

Foto: Dody W, Teks: Agung Rahmadsyah / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Taman Gandrung Terakota berisi ratusan patung penari gandrung ini menjadi spesial lantaran dibangun di lahan persawahan terasering di kaki Gunung Ijen, tepatnya kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Taman Gandrung Terakota tidak hanya menyajikan deretan patung-patung penari gandrung. Di tengah hamparan tersebut ditemukan amfiteater terbuka untuk pertunjukan kesenian berjadwal dan perhelatan musik jazz.

Lihat juga:

Koleksi Free Download

Galeri Photo Story

Taman Gandrung Terakota ini adalah situs untuk merawat sekaligus meruwat Tari Gandrung sebagai salah satu identitas budaya Banyuwangi.
Taman Gandrung Terakota terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang.
Penataannya melibatkan kurator seni rupa dari Galeri Nasional Indonesia sekaligus dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Dr Suwarno Wisetrotomo.
Memasuki kawasan ini, pengunjung dipertontonkan bukit hijau dan hamparan sawah, para petani membajak sawah, kebun kopi, pohon durian, beraneka jenis bambu, dan tanaman endemik setempat.


 

Berita Lainnya

All article - Bottom