Travel Story 21 July 2021 19:04

Segarnya Alam Kebun Teh Malabar

11 bulan yang lalu
Segarnya Alam Kebun Teh Malabar Kebun teh Malabar. // Ket: Seluruh foto diambil sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia. (Foto: Dody W)

 

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Berwisata kebun teh yang berbalut dengan edukasi sejarah menjadikan Kebun Teh Malabar adalah salah satu destinasi menarik untuk keluarga. Kebun Teh Malabar mendokumentasikan teh secara lengkap dan istimewa. Mulai dari pabrik teh berumur ratusan tahun hingga pohon teh purba yang tingginya melebihi tinggi orang dewasa.

Lihat juga:

Koleksi Free Download

Galeri Photo Story

Kebun Teh Malabar ini berada di kawasan Pengalengan, Bandung Selatan, dan butuh waktu sekitar 2,5 jam dari pusat kota Bandung. Melewati beberapa titik kemacetan ditambah dengan kontur yang menanjak dan lebar jalan terbatas adalah hal yang lumrah ditemui. Namun, semua itu terbayar kala berada di tengah area perkebunan ini.

Di area perkebunan teh ini juga sudah dilengkapi dengan guest house yang bisa dijadikan tempat menginap untuk keluarga. Perkebunan teh Malabar dibuka oleh Preangerplanter bernama Kerkhoven.

Popularitas kawasan Kebun Teh Malabar berkembang dengan pesat dan memuncak setelah Kerkhoven mengangkat sepupunya, Karel Albert Rudolf Bosscha, untuk menjadi administratur perkebunan ini pada tahun 1896.

Jejak sejarah Albert Rudolf Boscha di Malabar terbukti dengan keberadaan makamnya di tengah area perkebunan. Selain itu di Kebun Teh Malabar juga terdapat pohon-pohon teh tua yang setinggi hingga 4 meter. Saking tingginya, area pohon teh tua ini kerap dijadikan area rekreasi bersama keluarga.

Berita Lainnya

All article - Bottom