Art Culture 26 July 2021 20:16

Galeri Nasional Indonesia Gelar Tur Virtual Untuk Anak

10 bulan yang lalu
Galeri Nasional Indonesia Gelar Tur Virtual Untuk Anak Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi Galeri Nasional Indonesia)

Reporter: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2021, Galeri Nasional berkolaborasi dengan theAsianparent (tAp) Indonesia dan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset dan Teknologi menggelar tur virtual. Kali ini objeknya adalah Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia.

“Bagi Galeri Nasional Indonesia, tur virtual ini adalah yang pertama yang khusus ditujukan bagi anak-anak. Tentunya materi tur virtual juga disesuaikan. Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” ungkap Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto.

Lihat juga:

Koleksi Free Download

Galeri Photo Story

Tur virtual dengan memanfaatkan teknologi video 360° dan green screen ini akan diselenggarakan bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional, Jumat, 23 Juli 2021, pukul 10.00-11.30 WIB, via Zoom.

Khusus pada tur virtual kali ini, karena pesertanya anak-anak, maka karya yang dipilih untuk disajikan dalam tur virtual adalah karya dengan objek yang dekat dengan anak atau sering ditemui anak dalam keseharian, seperti figur ibu, kakak, adik, tanaman, hewan, pasar, kapal, bentuk-bentuk geometri, ataupun warna.

 

 

@traveltimesid

Svargabumi Borobudur ##magelang ##jawatengah ##fyp ##travel ##traveling

? ily (i love you baby) - Surf Mesa

 

Objek-objek tersebut ada dalam karya Raden Saleh “Kapal Tenggelam”, Basoeki Abdullah “Kakak dan Adik”, Affandi “Ibu”, Kartono Yudhokusumo “Anggrek”, Suromo DS “Pasar”, Popo Iskandar “Kucing”, Handrio “Komposisi”, dan karya tokoh-tokoh penting lainnya yang berkontribusi dalam perkembangan seni rupa Indonesia.

Pustanto menyampaikan, tur virtual ini selain dapat meramaikan perayaan Hari Anak Nasional 2021 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, juga sebagai media edukasi seni rupa bagi anak-anak.Selain itu, dari tokoh dan juga karya-karya yang ditampilkan, diharapkan dapat mendorong anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Bagi pendamping anak-anak seperti para orang tua dan para pendidik, materi tur virtual ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengenalkan seni rupa kepada anak-anak.

Berita Lainnya

All article - Bottom