Travel Story 28 July 2021 19:05

Menyusuri Keindahan Pulau Lara dan Pulau Senja di Kendari

11 bulan yang lalu
Menyusuri Keindahan Pulau Lara dan Pulau Senja di Kendari Pulau Lara dan Pulau Senja di Kendari. // Ket: Seluruh foto diambil sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia. (Foto: Dody W)

Teks & Foto: Dody W / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Sebagai sebuah destinasi wisata bahari, Kendari, Sulawesi Tenggara belumlah seterkenal Bali. Tetapi, di salah satu desanya yakni Desa Wawatu, wisatawan bisa menikmati keindahan wisata baharinya lewat gugusan pulau-pulau tak berpenghuni.

Adalah Pulau Lara dan Pulau Senja, dua pulau dengan bentang alam menawan didukung air lautnya yang jernih. Menuju Pulau Lara dan Pulau Senja di mulai dari dermaga Desa Wawatu menggunakan kapal cepat berpenumpang maksimal 8 orang.

Lihat juga:

Koleksi Free Download

Galeri Photo Story

Setelah 15 menit di laut lepas, sebuah pulau karst besar terlihat. Sebuah pulau karst kecil seakan menjadi gerbang masuk. Lekuk-lekuk gugusan pulau karst berselimut kabut menjadi latar yang mengingatkan saya pada setting film Avatar.

Pulau pertama yang saya datangi pertama adalah Pulau Lara. Letaknya persis berada di balik pulau karst kecil. Pulau tidak berpenghuni ini masih didominasi oleh pohon kelapa. Hanya ada sebuah dermaga kecil yang menjadi tempat bersandar kapal sembari menunggu wisatawan ber-snorkeling dan diving.

Ya, pulau ini biasanya dijadikan tempat atraksi bawah laut yang menggagumkan. Airnya yang jernih dan tenang menyimpan flora dan fauna bawah laut yang sangat beragam.

Dari Pulau Lara perjalanan langsung dilanjutkan menuju Pulau Senja. Pulau ini berada di tengah gugusan pulau karst besar. Letaknya ini yang menjadi daya pikat utamanya. Sepanjang perjalanan, lembayung air biru kehijauan jernih seakan menggoda untuk direnangi.

Semakin kedalam terdapat sebuah teluk yang biasa dijadikan tempat snorkeling wisatawan. Airnya terasa tenang namun menyimpan pesona bawah laut memikat.

Dari teluk ini, perjalanan dilanjutkan mengitari gugusan pulau-pulau karst kecil yang tersebar di tengah laut. Keindahannya berpadu dengan asrinya pohon-pohon yang tumbuh di atas karang karst. Di ujung pulau terdapat sebuah tebing karst yang menjadi tempat menikmati lansekap pulau ini.

Tebing yang memanjang dan bisa didaki namun dengan catatan butuh tenaga ekstra dan harus hati-hati karena karangnya cukup tajam. Menghabiskan waktu menikmati island hopping di gugusan pulau ini serasa menikmati suasana di Raja Ampat. Ya, Pulau Senja adalah Raja Ampat mininya Kendari. Pulau eksotik dengan tebaran pesona alami.

Berita Lainnya

All article - Bottom