Travel Story 30 August 2021 16:25

Menyibak Pesona Singkarak dari Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu

10 bulan yang lalu
Menyibak Pesona Singkarak dari Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu (Foto: Dody W)

Foto: Dody W, Teks: Agung Rahmadsyah / Editor: Agung Rahmadsyah

TRAVELTIMES.ID, SUMATERA BARAT - Dalam kurun waktu lebih kurang 10 tahun terakhir, nama Singkarak lebih dikenal lewat karena sebuah ajang sport tourism balap sepeda terbesar di Indonesia yaitu Tour de Singkarak (TdS). Tidak salah jika ajang tersebut menjadi besar dan menarik minat banyak pihak untuk ikut serta, karena lokasi yang dilewati benar-benar memukau sekaligus menantang. Selain itu Singkarak adalah nama yang terinspirasi dari sebuah danau terluas kedua di Sumatera.

Danau Singkarak memiliki luas 107,8 km persegi yang membentang di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau ini merupakan hulu dari sungai atau Batang Ombilin, namun sebagian airnya dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai. Danau Singkarak merupakan salah satu hasil dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatra. Danau ini adalah bagian dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar Sumatra. Cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatra.

Di balik kemegahannya, Danau Singkarak juga memiliki banyak sudut yang menawan. Salah satunya adalah Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu yang berlokasi di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Desa wisata ini terletak sekitar 92 km ke arah utara dari Kota Padang atau sekitar 2,5 jam lewat jalur darat dari Kota Padang.

Salah satu kekuatan Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu adalah pada sisi budaya karena di tempat ini terdapat sekitar 70 buah rumah gadang yang terbilang masih asli, ditambah beberapa situs sejarah. Dari sekian banyaknya rumah gadang, ada tiga buah rumah gadang yang sudah dijadikan Homestay. Jadi jika sobat pesona ingin mengeksplorasi Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, tak usah khawatir untuk bermalam.

Jika ingin mengetahui Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu lebih dalam, sobat pesona juga bisa melihat olahan kerajinan khas Sumpu seperti ukiran kayu atau kesenian tradisional seperti silat tradisional sumpu. Tak cuma itu, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu juga memiliki kondisi alam yang masih asri, sehingga sobat pesona bisa menikmati alamnya yang indah seperti hamparan sawah, puncak Tubia, aliran batang, air terjun, dan tentunya Danau Singkarak.

Bicara soal Danau Singkarak tentu tidak lengkap jika tak menyinggung fauna endemiknya yaitu Ikan bilih (Mystacoleucus padangensis), ikan ini adalah salah satu makanan khas di Danau Singkarak yang bisa juga dijadikan oleh-oleh. Selain itu, untuk urusan kuliner Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu memiliki olahan rendang yang istimewa.

Berbeda dengan rendang pada umumnya, rendang sumpu khas desa Kampuang Minang Nagari Sumpu ini disebutkan memiliki cita rasa sedikit berbeda dengan rendang lainnya karena menghadirkan rasa manis yang tipis, tapi tetap gurih ditambah dengan aromanya yang kuat.

Selain rendang sumpu, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu juga memiliki kekayaan kuliner khas seperti rebon, singgang sumpu, dan pangek sumpu, pangek sasau, dan singgang. Semuanya  bisa sobat pesona dapatkan jika bermalam di tempat yang menawan ini.

Bahakan Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang mengunjungi Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu dalam rangka visitasi dan menilai desa-desa wisata yang masuk 50 besar di ajang ADWI 2021 mengatakan sangat terkesan dengan potensi kulinernya. Mas Menteri juga ingin Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu memiliki story telling tentang kuliner, sehingga dapat memperkuat daya tarik dan potensi kuliner di sini.

Nah, agar bisa segera merasakan langsung keseruan di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, kita harus disiplin mematuhi protokol kesehatan 6M, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker dengan benar, membatasi mobilitas, menghindari makan bersama, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

Sobat Pesona juga bisa dapatkan informasi tentang pariwisata lainnya dengan follow akun IG @pesonaid_travel, Facebook: @pesonaid_travel atau kunjungi website www.indonesia.travel

Berita Lainnya

All article - Bottom