Travel Story 31 August 2021 13:56

Keliling Padang Seharian

1 tahun yang lalu
Keliling Padang Seharian Pemandangan Kota Tua Padang dari atas nan memesona

Teks : Agung Rahmadsyah, Foto: Dody W

TRAVELTIMES.ID, SUMATERA BARAT - Berkunjung ke Padang berarti mempersiapkan diri untuk menikmati nuansa kota pesisir yang memiliki beragam keunikan. Sobat pesona bisa memuaskan hasrat untuk mengeksplorasi beragam aspek seperti panorama, sejarah, budaya, dan masih banyak lagi.

Sejarah Kota Padang tidak lepas dari perannya sebagai kawasan rantau warga Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Semasa penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah.

Nah, biar sobat pesona gak bingung mau mulai eksplorasi dari sebelah mana, berikut rekomendasi untuk one day trip di Kota Padang.

Kawasan Kota Tua Batang Arau (Kota Tua Padang)

Kota Tua Batang Arau, atau yang dikenal sebagai Kota Tua Padang, adalah kawasan cagar budaya di hilir Batang (sungai) Arau. Tempat ini merupakan salah satu peradaban pertama di Padang. Kota Tua Padang pada zaman dahulu adalah sebuah kawasan perdagangan yang sangat ramai.

Sobat pesona bisa mengeksplorasi beragam bangunan dengan arsitektur klasik di kawasan Kota Tua Batang Arau ini. Mulai dari Masjid Muhammadan, Klenteng See Hien Kiong, Padangsche Spaarbank, hingga De Javasche Bank atau kini disebut Museum Bank Indonesia.

Jika sobat pesona ingin berkunjung ke Kota Tua Batang Arau, sangat direkomendasikan melakukannya saat pagi hari. Karena selain masih sejuk, sobat pesona juga bisa puas menjelajahi setiap detil kota tua tanpa kepadatan pengunjung lain. Bahkan di dekat Museum Bank Indonesia, sobat pesona bisa mengunjungi sebuah jembatan yang melegenda yaitu Jembatan Siti Nurbaya.

Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid Raya Sumatra Barat adalah masjid terbesar di Sumatra Barat yang terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Konstruksi bangunan ini dirancang menyikapi kondisi geografis Sumatra Barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar.

Di masjid ini, sobat pesona bisa melihat arsitektur modern yang sangat unik. Atap mesjid ini mewakili atap gonjong khas rumah gadang, dan dilengkapi ukiran kayu yang megah bertuliskan huruf arab.

Rumah ibadah ini memiliki luas sekitar 4.430 meter persegi, dan diperkirakan dapat menampung hingga 6.000 jemaah.

Pantai Padang

Pantai Padang terletak di kawasan padat perkotaan yang membentang dari daerah Purus hingga muara Batang Arau.

Di tempat ini sobat pesona bisa menghabiskan waktu dengan bermain air, berjalan kaki menyusuri pantai, atau bersantai di kafe atau kedai yang berderet di sepanjang Pantai Padang.

Sangat direkomendasikan mengunjungi tempat ini saat sore hari, karena menyaksikan mentari tenggelam sembari menyeruput minuman favorit adalah sebuah kombinasi yang sempurna.

Nah, agar bisa segera merasakan langsung keseruan di Kota Padang, kita harus disiplin mematuhi protokol kesehatan 6M, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker dengan benar, membatasi mobilitas, menghindari makan bersama, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

Berita Lainnya

All article - Bottom