Travel Story 17 September 2021 13:21

Ke Cirebon Wajib Berkunjung ke Batik Trusmi dan Lakukan 4 Hal Ini

8 bulan yang lalu
Ke Cirebon Wajib Berkunjung ke Batik Trusmi dan Lakukan 4 Hal Ini Sentra Batik Trusmi di Cirebon

Foto: Dody W, Teks: Issa Abdul Bari Issa

TRAVELTIMES.ID, JAKARTA - Sudah menjadi rahasia umum di tengah masyarakat bahwa masa pandemi Covid-19 ini berpengaruh besar terhadap kelangsungan dari banyak industri ekonomi kreatif (ekraf). Salah satu yang juga cukup terpukul akibat pandemi yaitu para pengrajin batik, bahkan di sentra batik sekelas Batik Trusmi.
Kawasan istimewa ini sudah menjadi ikon ekonomi kreatif Kota Cirebon sejak abad ke-14. Sehingga upaya memastikan proses ekonomi kreatif tetap bergerak di Batik Trusmi barang tentu merupakan langkah terbaik yang harus dilakukan demi menjaga salah satu sentra Batik tertua di Indonesia ini agar tetap eksis.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa sesungguhnya produk-produk ekraf perlu disinergikan dengan konsep pemasaran yang tepat guna mendapat hasil yang maksimal dan dapat segera bangkit kembali.

“Tentunya produk-produk ekonomi kreatif di sini perlu disinergikan dengan pemasaran agar lebih memiliki daya saing. Seperti melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) selain itu kami juga mendorong baik dari akses keuangan, pendampingan hingga pemasaran, agar bisa segera bangkit,” terang Menparekraf.

Anda sebagai wisatawan juga bisa turut mendukung para pelaku ekraf di kawasan Batik Trusmi dengan melakukan empat hal berikut selama berkunjung:

Membeli Produk Batik Setempat
Batik Trusmi sudah ratusan tahun dikenal sebagai sentra pengrajin batik yang khas dan berkualitas tinggi. Dan kebanggaan ini terus dijaga dan dilestarikan oleh para generasi penerus, agar karakter khas Batik Trusmi tidak pernah hilang ditelan zaman.
Untuk itulah saat sedang berada di Batik Trusmi dan kebetulan Anda pecinta batik silahkan langsung membeli produk-produk berkualitas di Batik Trusmi seperti kain batik dan baju batik sebagai buah tangan dari Cirebon.

Membatik Secara Tradisional
Tentu saja Batik Trusmi terkenal dengan industri batiknya yang sudah sangat terpercaya. Kualitas yang baik, corak yang menarik dan pilihan warna-warna yang memanjakan mata menjadi ciri khasnya.
Dan tentu saja, jika Anda lebih mengarungi kawasan Batik Trusmi ini semakin ke dalam, akan ditemukan beberapa pengusaha batik yang siap memberikan Anda  kesempatan merasakan pengalaman membatik dengan alat-alat yang masih sangat tradisional.

Naik Becak & Telusuri Sejarah Batik Trusmi
Dengan bermodal biaya yang tidak terlalu mahal, siapapun bisa menikmati pengalaman mengarungi kawasan Batik Trusmi dengan menaiki Becak. Biasanya Becak ini dapat ditemukan keberadaannya di bawah gapura Batik Trusmi dan terkenal sangat ramah melayani wisatawan dengan diimbangi pengetahuan yang besar terkait sejarah Batik Trusmi serta keberadaan gedung-gedung bersejarah yang masih terjaga bentuk aslinya dan tak bisa lepas dari eksistensi Batik Trusmi sampai saat ini.

Wisata Kuliner
Menjelang sore hari, kawasan Batik Trusmi perlahan mulai menjelma menjadi pusat kuliner kota Cirebon dengan berbagai macam kuliner yang ditawarkannya. Namun yang paling mencuri perhatian adalah Tahu Gejrot dan Empal Gentong.
Buktikan langsung citarasa otentik dari kedua kuliner khas Cirebon tersebut di kawasan Batik Trusmi yang melegenda.

Jangan lupa juga untuk selalu patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak,  menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata nanti tetap aman dan nyaman.

Berita Lainnya

All article - Bottom