News 30 September 2021 13:21

Banyuwangi Tak Cuma Punya Destinasi yang Juara, Ada Juga Produk Tas Kreatif Kelas Dunia

8 bulan yang lalu
Banyuwangi Tak Cuma Punya Destinasi yang Juara, Ada Juga Produk Tas Kreatif Kelas Dunia

Teks : Issa Abdul Bari / Foto: Kartika DIrgantara

TRAVELTIMES.ID, JAWA TIMUR - Siapa sih yang bisa menyangkal Banyuwangi sebagai salah destinasi wisata terbaik di Indonesia. Memang mungkin belum semantap posisi Bali sebagai tujuan utama wisatawan asing, namun Banyuwangi perlahan namun pasti mampu menunjukkan tajinya sebagai destinasi wisata yang berpotensi besar.

Banyuwangi punya berbagai destinasi wisata yang sangat diandalkan seperti; Kawah Ijen, Jawatan Benculuk, Air Terjun Coklak, Taman Nasional Baluran, Bangsring Underwater dan Desa Wisata Taman Sari. Tapi tak hanya destinasinya yang terbukti keren, ada juga produk kreatifnya yang sudah berkelas dunia, salah satunya adalah tas yang sudah menjadi komoditi ekspor.

"Banyuwangi ini selalu menjadi referensi dan inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Program ini diharapkan mampu memberi kontribusi bagi peningkatan inovasi dari entrepreneurship dan juga menyentuh wawasan global tapi kearifannya lokal. Kami harap produk ekraf Banyuwangi dapat menjadi bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia serta dapat membuka lapangan kerja seluas luasnya, karena 97 persen lapangan kerja berasal dari UMKM," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Berikut ini adalah produk tas kreatif terbaik dar Banyuwangi yang kualitasnya sudah diakui dunia.

- Tas Berbahan Kayu – Kejaya Handicraft
Kejaya Handicraft sudah jadi jaminan mutu dari produk kreatif salah satunya tas berbahan dasar kayu. Usaha kreatif ini sudah didirikan sejak tahun 1998, dan kini sudah memproduksi puluhan jenis produk kreatif yang tak hanya digemari masyarakat Banyuwangi dan wisatawan saja melainkan sudah menjadi produk ekspor dengan tujuan utama Eropa, Jamaika dan Amerika Serikat.

Kondisi pandemi memang sedikit mempengaruhi operasional Kejaya Handicraft namun kini tampaknya mereka coba bangkit lagi seiring semakin membaik progress penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia,
Salah satu produk kreatif unggulannya, yakni tas kayu. Selain unik, karena terbuat seluruhnya dari kayu pilihan, tas ini juga sudah menjadi ciri khas dari produk kreatif Kejaya Handicraft. Harga tas kayu yang dijual secara offline dan online ini berkisar dari Rp250.000,- sampai dengan Rp450.000,-.
Akun Instagram: @Kejaya.Handicraft

- Tas Berbahan Manik-manik – Blimbingsari Creative Craft (BCC)
Satu lagi nama pengrajin produk kreatif yang cukup disegani di Banyuwangi yakni, Blimbingsari Creative Craft (BCC). Didirikan sejak tahun 2003, kini usaha yang dijalani BCC semakin berkembang luas, salah satu produk unggulannya adalah tas bermanik yang unik dan menarik.
Dengan seluruh produk kreatifnya dikerjakan langsung menggunakan tangan, wajar saja banyak produk kreatif karya BCC ini yang masih terus terjaga unsur tradisi dan budayanya. Sentuhan tangan ini yang akhirnya membawa produk kreatif BCC dikenal secara nasional maupun internasional.
Tas bermanik yang dijual BCC bisa Sobat Pesona miliki hanya dengan membayar sekitar Rp200.000,- sampai dengan Rp350.000,0 per item-nya.
Akun Instagram: @bcc.03

- Tas Berbahan Kulit Ular – Banyuwangi Leather
Banyuwangi Leather mungkin tidak terlalu familiar didengar, namun produsen produk kreatif berbahan dasar kulit reptil ini ternyata sudah cukup kesohor di Turki, Eropa dan Asia Timur. Sejak didirikan pada tahun 2013, Banyuwangi Leather terus berhasil mengembangkan bisnisnya ke pasar macanegara.
Salah satu produk unggulannya yakni tas berbahan kulit ular, tas ini tentu saja merupakan edisi terbatas dan sangat bernilai tinggi. Apalagi tidak bisa sembarang memilih kulit ular, karena ular yang digunakan biasanya merupakan ular besar yang kulitnya punya standar kualitas tertentu.
Banyuwangi Leather pun menjaul tas berbahan dasar kulit ular ini seharga Rp1,4 juta sampai dengan Rp1,6 juta. Tidak mudah memang memperoleh produk-produk kreatif karya Banyuwangi Leather karena biasa mereka membuat produk saat pesanan masuk dan jumlahnya pun sangat terbatas.
Akun Instagram: @banyuwangi.leather

Jangan lupa juga untuk selalu patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak,  menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata nanti tetap aman dan nyaman.

Berita Lainnya

All article - Bottom