Lifestyle 1 October 2021 00:00

4 Aktifitas yang Patut Dilakukan Saat Berkunjung ke Desa Wisata Kampung Majapahit

8 bulan yang lalu
4 Aktifitas yang Patut Dilakukan Saat Berkunjung ke Desa Wisata Kampung Majapahit

Teks : Issa Abdul Bari / Foto: Kartika Dirgantara

TRAVELTIMES.ID, JAWA TIMUR - Ternyata budaya, kearifan lokal, religi, pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) bisa berjalan beriringan dengan baik, hal ini dibuktikan langsung oleh Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Jawa Timur. Desa Wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini, bisa menyelaraskan unsur budaya, kearifan lokal religi, pariwisata dan ekonomi kreatif dalam satu wadah tanpa memunculkan persoalan.

Terkait harmonisnya hubungan multi unsur di Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong ini pun sempat mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat diriny berkesempatan berkunjung ke Desa Wisata ini.
“Wisata budaya, kearifan lokal, dan toleransi beragama di sini sangat kuat. Masyarakat di sini 95 persen beragama Islam, namun ada vihara di tengah-tengahnya yang saling berdampingan, harmonis, dan saling support. Ini menjadi nilai luhur gotong royong bangsa kita yang harus tetap kita jaga,” kata Menparekraf.

Bagi Travel Mania yang ingin menyaksikan langsung harmonisnya hubungan seluruh unsur tersebut, bisa mencoba 4 rekomendasi aktifitas menarik  saat berada di Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong.

Mengunjungi Patung Buddha Tidur
Patung Buddha Gautama ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter ini bisa dibilang merupakan daya tarik utama dari Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong. Untuk menemukan keberadaannya, Sobat Pesona cukup mencari keberadaan Maha Vihara Majapahit, karena patung Buddha ini bisa ditemukan di dalamnya.
Dan sebagai tambahan informasi, patung ini menjadi patung Buddha tidur terbesar di Indonesia.

Menyaksikan Pertunjukan Sanggar Seni Budaya Buddhis Majapahit

Berkunjung ke Maha Vihara Majapahit tak terasa lengkap bila tidak menyempatkan waktu untuk menyaksikan penampilan dari Sanggar Seni Budaya Buddhis Majapahit. Walaupun sekedar momen latihannya pun mampu mengundang atensi dari wisatawan.
Sanggar Seni Budaya Buddhis Majapahit ini menampilkan berbagai pertunjukkan menarik seperti gamelan, keroncong dan atraksi wayang kulit yang menceritakan tentang masa pemerintahan serta kejayaan Kerajaan Majapahit.

Membeli Cinderamata Olahan Kuningan dan Batik Bejijong
Desa Wisata Kampung Majapahir sangat terkenal dengan kemampuan mayoritas masyarakatnya dalam mengolah bahan kuningan menjadi wujud patung-patung istimewa serta membuat batik yang coraknya terinspirasi dari bentuk surya majapahit dan diberinama Batik Bejijong.
Untuk produk olahan kuningan tersedia dari yang termurah seharga Rp20.000,- sampai termahal seharga ratusan juta Rupiah yang biasanya merupakan patung kuningan untuk kebutuhan para kolektor patung dari seluruh dunia.
Sementara Batik Bejijong terdiri dari dua jenis, yakni, batik alami dan batik tulis. Batik alami biasanya menggunakan teknik merendam dan pewarnanya berasal dari bahan daun jati atau daun singkong dan batik tulis biasanya corak diselesaikan secara handmade oleh warga dengan menggunakan canting. Harga Batik Bejijong berkisar dari harga Rp250.000 sampai dengan Rp500.000,- tergantung tingkat kesulitannya.

Menginap di Homestay Tematik yang Berarsitektur Zaman Majapahit
Tentu saja sudah berkunjung ke Desa Wisata Kampung Majapahit harus pula menginap di homestay tematik ala zaman Majapahit yang menawarkan kenyamanan dan keramah tamahan masyarakat setempat. Hingga saat ini di seluruh kawasan Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong saja terdapat sekitar 200 homestay. Menariknya, homestay di Kampung Majapahit ini seluruhnya menawarkan pengalaman menginap di bangunan yang masih menjaga bentuk arsitektur zaman Kerajaan Majapahit.

Dan guna menjawab kebutuhan wisatawan yang didominasi generasi muda, pihak pengelola Desa Wisata Kampung Majapahit pun telah melengkapi metode pembayaran di homestay dengan konsep QRIS.
Dengan melakukan 4 aktifitas yang terdiri dari Wisata Religi, Wisata Seni Budaya, Wisata Edukasi serta Wisata Sejarah, wisatawan tetap akan mampu menikmati waktu berharga yang dihabiskannya di Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.
Untuk mendapatkan berbagai referensi wisata di tanah air.

Jangan lupa juga untuk selalu patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak,  menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata nanti tetap aman dan nyaman.

Berita Lainnya

All article - Bottom