News 2 October 2021 00:00

Inilah Ragam Produk Ekonomi Kreatif Bertema ‘Laut’ khas Situbondo

8 bulan yang lalu
Inilah Ragam Produk Ekonomi Kreatif Bertema ‘Laut’ khas Situbondo Icon Kota Situbondo

Teks : Issa Abdul Bari / Foto: Kartika Dirgantara

TRAVELTIMES.ID, JAWA TIMUR - Berkunjung ke Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pastikan Sobat Pesona tidak melewatkan produk-produk ekonomi kreatifnya yang bertemakan ‘laut’. Karena Situbondo ini berada di wikayah pesisir pantai, sudah barang tentu semua produk yang bertema ‘laut’ menjadi unggulan dari Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Banyuwangi dan Bondowoso ini.
Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa sektor ekonomi kreatif akan mampu membantu Situbondo yang dijuluki Kota Santri ini bisa bangkit sektor ekonominya.

"Dengan semakin meningkatnya ekonomi kreatif di Indonesia, maka ini menjadi peluang besar bagi munculnya usaha atau bisnis baru yang membantu menyelesaikan permasalahan pengangguran di Indonesia. Tentunya diperlukan kolaborasi, kerja sama berbagai stakeholder untuk mendorong bangkitnya ekonomi kreatif Indonesia, khususnya di Situbondo," terangnya.

Inilah 3 produk ekonomi kretif bertema ‘laut’ yang bisa didapatkan di Situbondo.

Kerajinan Tangan Olahan Kerang
Kerajinan tangan olahan kerang menjadi salah satu produk kerajinan bertema ‘laut’ yang paling populer di Situbondo. Dikarenakan Situbondo sebagai kawasan pesisir pantai, tidak mengherankan produk olahan kerang ini menjadi begitu populer bahkan dikirim ke seantero negeri, termasuk dijual di berbagai toko cinderamata di Bali.
Kerajinan tangan oalahan kerang ini tersedia dari harga Rp15.000,- sampai ratusan ribu rupiah dengan beragam jenis produk yang dibuat.


Cara mendapatkannya: Travel Mania cukup datang saja mengunjungi Desa Wisata Kampung Blekok untuk mendapatkan produk olahan kerang ini.

Kerupuk Kepiting
Kalau kawasan pesisir seperti Cirebon terkenal dengan Kerupuk Udangnya, Situbondo justru terkenal dengan Kerupuk Kepitingnya.
Dengan tekstur yang renyah, Kerupuk Kepiting memang nikmat dan bisa dimakan sebagai camilan saat sedang berkumpul keluarga atau teman.
Cara mendapatkannya: Kerupuk Kepiting dapat dengan mudah ditemukan di Situbondo, langsung saja kunjungi Pusat Oleh-oleh terdekat untuk mendapatkannya. Dan produk ini, kini juga tersedia di beberapa marketplace.
Harga Kerupuk Kepiting ini adalah Rp15.000 untuk yang berukuran 150 gram.

Rengginang Ikan
Kalau biasanya rengginang tidak memiliki cita rasa khusus selain rasa asin, di Situbondo Sobat Pesona bisa berkesempatan mencicipi Rengginang dengan cita rasa Ikan yang biasa dikenal dengan Rengginang Ikan.
Dengan berbahan dasar ikan laut, Rengginang Ikan dibuat dengan ikan laut segar dan pilihan sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang istimewa. Camilan ini bertekstur renyah dan rasanya gurih.
Cara mendapatkannya: Travel Mania dapat dengan mudah mendapatkan Rengginang Ikan ini, karena tersedia di hampir seluruh Pusat Oleh-oleh di Situbondo dan juga beberapa marketplace.
Rengginang Ikan berukuran 180 gram dijual seharga Rp18.000.

Batik Situbondo Bercorak Kerang
Ternyata Situbondo juga cukup terdepan untuk urusan fesyen, sebagai bukti Batik Situbondo juga merupakan salah satu produk kerajinan yang digemari wiaatawan. Salah satu corak Batik Situbondo yang menarik adalah corak Kerang.
Batik Situbondo bercorak kerang menjadi salah satu best seller di Situbondo dengan pilihan warna dasar yang bermacam-macam.
Cara mendapatkannya: Travel Mania bisa membeli Batik Situbondo bercorak Kerang dengan harga berkisar Rp300 ribu hingga Rp350 ribu. Langsung saja mampir ke area UMKM Binaan BRI di Kawasan Mangrove, Kampung Blekok.

Jangan lupa juga untuk selalu patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak,  menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata nanti tetap aman dan nyaman.

Berita Lainnya

All article - Bottom