Lifestyle 14 October 2021 14:05

Menjejaki Panorama Kota Yogyakarta dari Spot Riyadi

8 bulan yang lalu
Menjejaki Panorama Kota Yogyakarta dari Spot Riyadi Yogyakarta dari spot Riyadi

Teks : Aden / Foto: Him Saifanah

TRAVELTIMES.ID, YOGYAKARTA - Hampir sebagian besar dari kita selalu mengabadikan momen berharga dalam hidup. Tak terkecuali ketika kita tengah bepergian ke suatu destinasi. Seperti di Yogyakarta misalnya, ada satu kawasan yang menawarkan spot foto terbaik sebagai jejak digital bahwa kita pernah menjejakkan kaki di Kota Gudeg tersebut. Spot Riyadi namanya. Ya Spot Riyadi merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi bagi para pecinta fotografi.

Spot Riyadi menjadi salah satu tempat romantis di Yogyakarta bagi kawula muda untuk menikmati sunset serta keindahan kota Yogyakarta di malam hari. Lokasi tepatnya ada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Destinasi ini sebenarnya muncul dengan ketidaksengajaan oleh para fotografer. Tempat yang dulunya hanya pekarangan rumah warga akhirnya disulap menjadi pelataran yang nyaman untuk menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian.

Tak hanya hamparan luas terbuka saja yang bisa dipandang kedua mata, tapi kita juga akan disuguhkan oleh kemegahan eksotisme Candi Prambanan dari ketinggian. Arsitektur Candi Prambanan tampak begitu megah di antara bangunan dan rumah-rumah modern. Candi Sojiwan juga seolah tidak mau kalah dalam menghias panorama.

Prambanan bukan menjadi satu-satunya candi yang tampak dari ketinggian Spot Riyadi. Ketika cuaca cerah, dari atas tebing akan terlihat keindahan lima gunung sekaligus. Di antaranya Gunung Lawuh, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Ketika malam tiba, gemerlap lampu Kota Yogyakarta dan sekitarnya menjadi seperti lautan cahaya. Menambah eksotis pemandangan saat berada di Spot Riyadi.

Keindahan matahari terbit juga dapat disaksikan dari Spot Riyadi. Kecantikannya semakin bertambah dengan Gunung Lawu setinggi 3.265 mdpl yang seolah mendampinginya di ufuk timur.

Jarak Spot Riyadi dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 19 kilometer. Jarak tempuhnya adalah kurang-lebih 45 menit. Tidak ada transportasi umum untuk sampai ke sana, sehingga perjalanan harus ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Wisata Spot Riyadi, sudah bersertifikat CHSE, menyediakan tempat cuci tangan di setiap penjuru. Pengunjung disarankan menggunakan makser dan mengunduh aplikasi Pedulilindungi.

Berita Lainnya

All article - Bottom